Pengertian Grand Piano dan Jenis-jenis Piano

Belajar sejarah Piano saja belum lengkap jika tidak mengetahui Apa Pengertian Grand Piano? dan Apa saja jenis-jenis Piano. Untuk itu simak pembahasan kali ini agar semakin luas pemahaman anda tentang Apa itu Grand Piano.

Piano merupakan perangkat alat musik yang berupa jajaran bilah-bilah papan nada yang membentuk urutan tangga nada, dimainkan oleh kedua tangan dengan sepuluh jarinya secara bergantian atau bersamaan dengan menekan tuts yang menghasilkan nada dan melodi serta akord yang harmonis. Piano dibagi menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut :

  1. Piano Akustik
    sejarah-perkembangan-alat-musik-grand-piano-akustik-jaman-dahulu
    Piano Akustik

    Piano akustik adalah piano yang suaranya dihasilkan dari lubang suara ( resonansi ) di dalam badan piano. Suara tersebut dihasilkan dari senar-senar yang ada di dalamnya tanpa bantuan arus listrik sama seperti halnya gitar akustik.

  2. Piano Elektrik
    sejarah-perkembangan-sewa-alat-musik-grand-piano-eletrik-orgen
    Piano Elektrik

     

    Piano yang suaranya dihasilkan dengan bantuan tenaga arus listrik (elektrik). Biasanya, memainkan piano elektrik dipadukan pola dengan penggunaan efek suara yang dapat menghasilkan berbagai jenis suara piano.

Piano elektrik itu sendiri terdiri dari beberapa jenis diantaranya :

  • Digital Piano
    sejarah-perkembangan-alat-musik-grand-piano-eletrik-digital-organ-ogren
    Digital Piano

    Pengertian Digital Piano adalah Piano Digital merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang tidak memiliki anggaran cukup untuk membeli piano. Tuts piano digital menyerupai dengan piano akustik, perbedaannya yaitu kalau piano akustik sumber suaranya berasal dari senar sementara digital piano membutuhkan daya listrik supaya bisa keluar suaranya.

  • Piano Upright
    sejarah-perkembangan-alat-musik-grand-piano-akustik-upright
    Piano Upright

    Pengertian Piano Upright adalah Piano Upright memiliki bentuk yang lebih ramping dan tidak sebesar Grand Piano. Jumlah senar pada tiap tuts nya tidak sebanyak Grand Piano. Posisi kotak akustiknya tegak atau berdiri. Bila anda tidak mempunyai tempat yang luas maka upright piano bisa menjadi pilihan terbaik karena piano upright tidak memakan banyak space(ruang). Piano Upright sangat baik diletakkan dengan posisi menempel di dinding. Harga piano upright tidak semahal grand piano.

  • Grand Piano
    sejarah-perkembangan-sewa-alat-musik-grand-piano-eletrik-acara-konser
    Grand Piano

    Pengertian Grand Piano adalah Grand Piano memiliki struktur posisi senar saling silang. Jumlah senar tiap tuts berbeda dengan piano upright. Mekanisme hammer (pemukul senar) juga berbeda dengan piano upright karena itulah grand piano memiliki suara lebih baik, lebih kaya, lebih bulat dari pada piano upright. Kisaran harga grand piano mencapai ratusan juta rupiah.

Nah, kurang lebih itulah Pengertian Grand Piano dan Jenis-jenis Piano. Ingin tahu pekembangan Grand Piano dan kegunaannya dalam industri musik, perfilm an maupun dalam event-event khusus?

Stay tune terus di www.studioprosound.com

(Visited 1,835 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *