Sejarah LED yang Belum kamu ketahui

Sejarah LED yang Belum kamu ketahui

Tentunya anda sudah tahu kan seperti apa LED, kalau belum tahu kamu coba ke konser-konser atau Event besar, Layar Besar yang menunjukkan Gambar-gambar itu lah LED Screen Display, Sudah tahu bukan. Tapi banyak orang yang belum tahu bagaimana Sejarah dari LED, untuk itu kita akan bahas Sejarah LED yang Belum kamu Ketahui.

Sebelum menjadi layar sebesar dan sebagus seperti sekarang LED dulunya hanyalah sebuah Monitor biasa, yang bentuknya jauh lebih kecil dari yang anda lihat di konser-konser. Monitor sendiri merupakan Interface terpenting yang menghubungkan manusia dengan PC. Pada saat Komputer Pertama beroperasi pada tahun 1938, monitor sudah berusia 83 tahun, dan pengembangannya masih tetap berlangsung sampai saat ini.

Fase pertama sebelum jadi LED, adalah Monitor komputer, Pada tahun 1855, seorang Ilmuwan dari Jerman, Heinrich Geissler melakukan penemuan Tabung sinar katoda, dan ia juga merupakan Bapak dari Monitor Tabung. Lalu, 33 tahun kemudian, ahli kimia asal Austria, Friedrich Reinittzer, Meletakkan dasar Pengembangan teknologi LCD dengan menemukan Kristal Cairan. Teknologi Tabung sendiri awalnya memang dikembangkan untuk merealisasikan Monitor tersebut. Namun, Kristal cairan masih menjadi Fenomena Kimiawi selama 80 tahun berikutnya. Dan tampilannya juga belum terpikirkan.

Banyak orang yang menganggap Karl Ferdinand Braun adalah sebagai Penemu tabung sinar katoda. Sebenarnya, ia merupakan pembuat aplikasi pertama untuk tabung, yaitu osiloskop pada tahun 1897. Perangkat inilah yang menjadi basis pengembangan perangkat lain, seperti televisi atau layar radar. Pada tahun yang sama, Joseph John Thomson juga menemukan elektron untuk mempercepat pengembangan teknik tabung.

Perkembangan Monitor menuju LCD dan LED sangat signifikan dari tahun ke tahun. Kita bahas sampai generasi LED saat ini.

1. Chatode Ray Tube (CRT)

Sejarah-LED-yang-Belum-kamu-ketahuiTeknologi ini ditemukan tahun 1897, akan tetapi teknologi ini baru diadopsi sebagai penerima siaran televisi pada tahun 1926. Sejarah ppenemuan teknologi CRT sudah lebih dari 100 tahun dan memiliki kualitas gambar yang sangat bagus. Walaupun begitu teknologi ini mempunyai satu kelemahan yaitu semakin besar display yang akan dibuat maka semakin besar pula tabung yang digunakan.Kamu tahukan Monitor komputer jaman dahulu? sebesar itulah.

Pada Monitor CRT, layar penampil digunakan berupa sinar Katoda. Teknologi CRT sendiri merupakan teknologi termurah dibandung dengan Kedua Teknologi yang lain, LCD dan LED. meski begitu resolusi yang dihasilkan cukup baik untuk berbagai keperluan. Tapi Energi Listrik yang di butuhkan juga cukup besar dan memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup kuat.

2. Liquid Crystal Display (LCD)

Sejarah-LED-yang-Belum-kamu-ketahuiMonitor LCD tidak lagi menggunakan Tabung Elektron tetapi menggunakan sejenis Kristal Liquid. Teknologi ini menciptakan Layar yang berbentuk Pipih seperti yang kita lihat di Komputer-komputer sekarang, atau anda bisa lihat di Warnet sekitar anda, pasti sudah menggunakan Teknologi ini. Karena bentuknya yang pipih, maka monitor jenis Flat ini menggunakan Energi yang kecil. Kelebihannya adalah adanya brightness ratio yang telah menyentuh angka 350 : 1. Brightness Ratio merupakan perbandingan antara tampilan yang paling gelap dengan tampilan yang paling terang.

3. Plasma Gas atau Organic Light Emitting Diode (OLED)

Sejarah-LED-yang-Belum-kamu-ketahuiInilah yang di sebut LED sampai sekarang ini. Monitor jenis ini menggabungkan teknologi CRT dengan LCD, dan teknologi yang dihasilkan mampu membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandangnya dapat selebar CRT. Plasma Gas atau LED ini menggunakan fosfor seperti halnya pada teknologi CRT, tetapi layar pada Plasma Gas dapat berpendar tanpa adanya bantuan cahaya di belakang layar. Hal itu akan membuat energi yang diserap tidak sebesar monitor CRT. Kontras Warna yang dihasilkan pun lebih baik dari LCD.

Teknologi ini anda bisa lihat di pertunjukkan musik atau pertandingan Olahraga yang spektakuler. Disana terdapat Layar monitor Raksasa yang di pasang pada sudut-sudut arena tertentu. itulah monitor yang menggunakan Teknologi Plasma Gas atau LED ini.

Bagaimana? Menarik bukan mengetahui sejarah yang baru kita ketahui. Dan nantikan perkembangan Teknologi yang mengejutkan lainnya di masa depan.

Silahkan share bila bermanfaat.

Baca juga 4 kelebihan dan Fungsi LED Screen Display

(Visited 724 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

vilaslot

vilaslot

vilaslot

vilaslot

vilaslot

vilaslot

vilaslot

vilaslot

vilaslot

vilaslot

rtp vilaslot

vilaslot

vilaslot

https://vilaslot.com/

https://vilaslot.com/

https://vilaslot.win/

https://vilaslot.biz/

https://vilaslot.work/

https://vilaslot.me/

https://vilaslot.us/

https://vilaslot.fun/

https://vilaslot.pro/

https://vilaslot.cc/

https://rtpvilaslot.com/

Slot gacor https://e-smile.tubaba.go.id/assets/